Networking
IT Support
Web

BlankOn 5.0 Resmi Dirilis

Simpony.Web.Id

BlankOn 5.0 Resmi Dirilis

Pengembang Linux BlankOn resmi meluncurkan BlankOn versi 5.0 dengan kode rilis Nanggar. Linux hasil kreasi anak bangsa kali ini mengangkat budaya dari Batak dengan mencantumkan nama� “Nanggar”, dalam bahasa batak nanggar mempunyai arti “palu”.

Beberapa fitur khas baru yang dibawa oleh Nanggar di antaranya adalah Desktop Berkonteks yang dikembangkan oleh Tim Pengembang BlankOn. Desktop ini bisa mengganti tema serta gambar latar desktop sesuai jam komputer atau kondisi cuaca yang sedang berlaku saat itu.

Fitur khas lain pada BlankOn Nanggar adalah edisi terkini proyek Aksara Nusantara yang mempersembahkan kemampuan menulis dan menayangkan teks dalam aksara Batak Toba. Demikian keterangan resmi komunitas pengembang Linux kepada okezone, Selasa (16/6/2009).

Rencananya, pada tanggal 20 dan 21 Juni mendatang, akan diadakan pula konferensi pengembangan BlankOn di Universitas Pakuan Bogor. Dalam konferensi ini akan dibahas BlankOn 6.0 yang dijadwalkan akan diluncurkan pada bulan November 2009.

BlankOn 6.0 masih mengangkat tema budaya dari Sumatra, rencananya versi terbaru BlankOn ini akan mengambil dari Sumatra Barat dengan kode rilis Ombilin.

BlankOn Linux adalah distribusi Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Komunitas Ubuntu Indonesia yang cocok untuk kebutuhan pengguna komputer pada umumnya.

Dengan filosofi kemudahan dan kehandalan yang ditawarkan Ubuntu Linux sebagai distribusi aslinya, BlankOn Linux dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux khas Indonesia.(srn)

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Add your comment