Networking
IT Support
Web

12 Tips Wajib agar Aman Bertransaksi e-Banking dan Kartu Kredit Online

Simpony.Web.Id

12 Tips Wajib agar Aman Bertransaksi e-Banking dan Kartu Kredit Online

Bertransaksi e-banking ataupun e-commerce memang mengasyikkan. Tanpa harus kuatir terjebak parahnya kemacetan lalu lintas, jual-beli aneka barang bisa kita lakukan secara online. Meskipun demikian, kita harus tetap waspada saat melakukan transaksi tersebut, termasuk jika menggunakan kartu kredit di Internet.

Berikut ini adalah 12 tips yang wajib Anda pahami:

1. Hindari melakukan transaksi keuangan ataupun perbankan menggunakan komputer publik, untuk meminimalisir resiko data-data penting kita direkam diam-diam oleh program mata-mata (spyware) yang bisa jadi telah terpasang sebelumnya.

2. Jika mengggunakan komputer sendiri, pastikan bahwa komputer Anda tersebut telah terpasang program sekuriti yang paling mendasar seperti antivirus ataupun antispyware yang selalu memeriksa dan di-update secara berkala.

3. Ketika melakukan transaksi online di sebuah situs, perhatikan benar-benar alamat situs tersebut yang tertera pada bar alamat browser Anda, agar tidak terkecoh dengan situs palsu yang memiliki alamat dimirip-miripkan dengan aslinya.

4. Sejumlah situs yang terpercaya akan menggunakan metode pengamanan khusus bercirikan tulisan “http” menjadi “https” pada bar alamat browser dan ada gambar gembok terkunci di bagian paling bawah kanan browser.

5. Sebelum melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit di Internet, ada baiknya Anda memastikan dan meyakinkan reputasi, kredibilitas dan keotentikan toko online yang kita tuju dengan cara menghubunginya baik melalui telepon, email ataupun dengan mencari referensi lewat search engine (googling).

6. Catatlah setiap transaksi perbankan ataupun keuangan yang Anda lakukan di Internet dan simpan baik-baik untuk kemudian berguna saat dicocokkan dengan laporan rekening koran ataupun tagihan kartu kredit Anda.

7. Jika ternyata ada keanehan pada rekening koran ataupun tagihan kartu kredit Anda, segera hubungi pihak bank terkait untuk meminta klarifikasi atau bahkan pembatalan rekening atau kartu kredit Anda jika terdapat tagihan atau penggunakan rekening yang mencurigakan.

8. Selalu melakukan “log off” atau “sign out” secara sempurna dari situs tempat Anda melakukan transaksi e-banking dan sebagainya, karena sekedar menutup browser tidak berarti otomatis memutus sesi ataupun koneksi ke akun online Anda.

9. Jangan mudah terbujuk untuk mengklik segala penawaran yang datangnya dari email yang tak Anda kenal, pun jangan mudah percaya adanya e-mail yang meminta Anda melakukan verifikasi atas password yang terkait dengan akun rekening bank atau kartu kredit Anda.

10. Tak ada salahnya Anda menghapus “cache” pada browser Anda, sehingga rekam jejak aktifitas yang Anda lakukan sebelumnya, bila ada, tidak tersimpan di komputer yang digunakan dan gantilah password secara berkala, dengan kombinasi yang mudah Anda hapal tetapi sulit ditebak oleh orang lain.

11. Untuk bertransaksi online, gunakan kartu kredit dengan limit yang paling rendah sehingga kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan maka kerugian yang dialami tidak terlalu besar.

12. Simpan dan gunakan kartu kredit secara bijak, khususnya jangan sampai 3 digit rahasia di bagian belakang kartu kredit Anda diketahui oleh orang lain!

Semoga Bermanfaat.

Sumber: ezinearticles.com , technixupdate.com, ictwatch.com

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Add your comment