Networking
IT Support
Web

Autorun

Simpony.Web.Id

Autorun

Rata-rata diantara kita sudah pasti kenal dengan yang namanya autorun.inf tapi mungkin diantara kita belum paham benar dengan autorun itu sendiri.

Baiklah, sekarang saya akan jelaskan sedikit tentang autorun.inf dan struktur yang ada didalamnya.

Autorun atau kadang juga di sebut dengan autoplay merupakan salah satu fasilitas dari sistem operasi yang memiliki fungsi untuk menjalankan file secara otomatis ketika salah satu media removable disk tersambung dengan komputer. Contoh autorun ini banyak kita jumpai pada cd game atau cd driver yang mana fungsinya adalah untuk menjalankan secara otomatis salah satu file yang berada didalam cd tersebut. Autorun ini juga sering dimanfaatkan untuk mempercantik atau sebagai pelengkap flashdisk bahkan dimanfaatkan oleh pembuat virus sebagai media penyebaran virus.

Struktur autorun.inf yang umum di jumpai adalah:
1. Open
2. Action
3. Shellexecute
4. Icon
5. Label
6. Shell

Open
Open memiliki fungsi untuk menjalankan file executeable (*.exe) secara otomatis

Contoh:

Open=myfile.exe, perintah ini akan menjalankan myfile.exe yang berada dalam satu directory dengan autorun.inf, sedangkan perintah open=hackmyfile.exe akan menjalankan myfile.exe di dalam folder hack.

Action
Action memiliki fungsi untuk menampilkan pesan ketika muncul autoplay dialog

Contoh:

action=Nongkrong di www.bsod.tk yuks

Shellexecute
Shellexecute memiliki fungsi hampir sama dengan open, bedanya adalah shellexecute mampu menjalankan file selain dari file exe. contohnya :

shellexecute= http://bsod.tk
action= Nongkrong di bsod yuks

Icon
Icon memiliki fungsi untuk mengganti gambar icon drive default dengan gambar yang kita inginkan(format gambar yg didukung dalam hal ini adalah ico, dll, exe dan bmp).

contoh: Icon=gitagutawa.jpg
Icon=myprogram.exe,1

Label
Fungsinya adalah untuk mengganti nama/label dari sebuah removeable disk, jika struktur label dimasukkan kedalam autorun maka penggantian nama secara manual tidak berfungsi.

Contoh:

label=MYDATA

Shell
Untuk menampilkan menu ketika klik kanan drive yang bersangkutan. Misalnya pada contoh berikut :

shell=antivirus

shellantivirus= Scan with pembunuh virus?

shellantivirusCommand=.antiviruspembunuhvirus. exe

jika perintah tersebut di masukkan kedalam sturuktur autorun, maka jika removable drive di klik kanan akan muncul tulisan “scan with pembunuh virus?” dan jika di tulisan scan with pembunuh virus di klik maka akan secara otomatis menjalankan pembunuhvirus.exe.

Sumber : Indowebster.com

$6.00 Welcome Survey After Free Registration!
Rp.277 Juta Rupiah Dengan Modal 100% GRATIS

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Add your comment