Networking
IT Support
Web

Bhuvan, Situs India Pesaing Google Earth

Simpony.Web.Id

Bhuvan, Situs India Pesaing Google Earth

Google Earth, situs pencari yang populer dengan layanan pencitraan satelit, kini memiliki saingan baru yang berasal dari India.

Meski nama Bhuvan masih terdengar asing di telinga pengguna internet, namun perancangnya sudah benar-benar mempersiapkan situs ini untuk bersaing dengan layanan Google Earth. Bhuvan, yang dalam bahasa Sansakerta artinya Bumi, dikembangkan oleh organisasi penelitian luar angkasa India atau Indian Space Research Organisation (ISRO).

Times Online, Jumat (14/8/2009) melansir, Bhuvan menggunakan jaringan satelit India untuk menciptakan hasil pencitraan resolusi tinggi, dan pemandangan alam India yang dapat diakses secara online. Situs ini tentunya akan berusaha bersaing dengan Google Earth yang telah lebih dulu memiliki layanan ini.

Layanan Bhuvan yang beralamat di http://bhuvan.nrsc.gov.in/ telah dirancang secara khusus agar bisa dioperasikan meski pada koneksi internet dengan bandwith rendah. Rancangan ini nampaknya memang sengaja disesuaikan dengan rata-rata keadaan koneksi internet yang digunakan masyarakat India.

Namun pada saat peluncurannya kemarin, situs ini sempat sulit diakses. Kemungkinan besar dikarenakan begitu banyak yang penasaran ingin mengaksesnya sehingga menyebabkan trafik situs ini padat.

“Ini bukan hanya sekedar browser, melainkan sebuah mekanisme untuk menyediakan citra satelit dan peta tematik untuk pengembangan sebuah rencana,” kata Direktur ISRO, G Madhavan Nair.

Data yang dikumpulkan sedikit demi sedikit oleh proyek yang didukung pemerintah ini akan tersedia bagi layanan umum masayarakat sipil India. Sehingga dapat dipergunakan untuk membantu menyusun rencana urban, manajemen lalu lintas serta memonitor keadaan air dan tanaman di India. (srn)

$6.00 Welcome Survey After Free Registration!
Rp.277 Juta Rupiah Dengan Modal 100% GRATIS

Print Friendly, PDF & Email

Comments: 1

  1. Ayu Tri says:

    siap2 bersaing menjadi yang terbaik..dengan cara yang positif pula dong…

    nice article

Add your comment