Networking
IT Support
Web

Dosen Universitas BSI Tasikmalaya Mengikuti Pelatihan Calon Asesor Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Tahun 2021

Simpony.Web.Id

Dosen Universitas BSI Tasikmalaya Mengikuti Pelatihan Calon Asesor Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Tahun 2021

Tasikmalaya Bsi-News
Pelatihan Calon Asesor dilaksanakan secara daring yang bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada calon asesor mengenai pengetahuan, keterampilan, dan sikap sehingga dapat melaksanakan tugas visitasi dalam rangka akreditasi sekolah/madrasah secara professional, 28 Juni – 2 Juli 2021. Selama proses pelaksanaan pelatihan calon asesor, pelatih/fasilitator dibantu panitia melakukan penilaian terhadap peserta meliputi aspek: pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Peserta pelatihan yang dinyatakan lulus harus memenuhi kriteria, yaitu mengikuti tugas akhir setiap sesi, memperoleh nilai akhir minimal 70, tidak pernah melanggar tata tertib peserta. Peserta pelatihan yang dinyatakan lulus akan memperoleh Sertifikat Asesor dengan kewenangan menjadi asesor lintas jenjang.

Mengutip dari laman web https://bansm.kemdikbud.go.id Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah atau disingkat BAN S/M adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. Pada proses akreditasi sekolah/madrasah,  asesor merupakan salah satu pilar penting yang terlibat dalam akreditasi. Ketersediaan jumlah asesor yang memadai di BAN S/M Provinsi Jawa Barat akan memperlancar pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, BAN-S/M  melaksanakan rekrutmen calon asesor yang terstandar di 26 Provinsi. Provinsi Jawa Barat sendiri memiliki kuota asesor baru terbanyak yaitu sebanyak 180 orang.

Pada tahap  pendaftaran yang dibuka pada tanggal 1-14 April 2021. Jumlah pendaftar di Provinsi Jawa Barat sebanyak 4897 orang. Yang lolos tahap seleksi Administrasi ada 1400 pendaftar. Selanjutnya masuk ke tahapan Tes Substansi, yang lolos sebanyak 329 orang dan berhak mengikuti Wawancara. Dari hasil wawancara tersebut tersaring sebanyak 251 pendaftar. Termasuk salah satunya dosen Universitas BSI Tasikmalaya atas nama Bambang Kelana Simpony berhasil lolos sampai ke tahap wawancara yang di umumkan pada tanggal 8 Mei 2021 secara daring di website BAN-S/M.

“Rekrutmen calon asesor BAN-S/M ini bisa menjadi acuan untuk mengukur kemampuan diri dan juga untuk upgrade pengetahuan di dunia pendidikan dasar khususnya. Menjadi asesor BAN- S/M juga bisa sedikit banyak berkontribusi terhadap dunia pendidikan dan membantu meningkatkan mutu pendidikan di indonesia”, ujar Bambang, Sabtu (3/7).

Calon asesor yang mendaftar berasal dari unsur dosen, pengawas, widyaiswara, widyaprada dan lain-lain. Dari 215 pendaftar yang lolos tersebut berhak mengikuti Pelatihan Calon Asesor yang dibagi menjadi 3 angkatan, angkatan pertama dimulai pada tanggal 15 Juni 2021 sampai dengan angkatan terakhir selesai pada tanggal 2 Juli 2021. Menurut Dr Toni Toharudin, M.Sc (Ketua BAN-S/M) yang dikutip dari kanal Youtube Suyanto.id, di unggah pada  Kamis (27/5) memaparkan, “Peserta calon asesor dilatih selama 40 Jam Pelajaran (1 Jam Pelajaran = 45 Menit), sehingga jika dihitung total pelatihan dalam waktu 5 hari. Dan untuk kehadiran itu harus lebih dari 90%”, ujarnya.

Sumber : BSI News

Print Friendly, PDF & Email

No Comments

Add your comment